Rumor: Windows Phone 8 Adopsi Kinect

CALIFORNIA - Baru-baru ini muncul desas-desus mengenai Windows Phone 8 yang akan mengadopsi teknologi Kinect sebagai antarmuka pengguna. Kinect merupakan solusi antarmuka handsfree yang diperkenalkan sebagai perlengkapan game Xbox 360.

Januari silam, Asus dikabarkan sedang memproduksi purwarupa laptop Windows 8 yang mengadopsi Natural User Interface (NUI) Kinect. Selain itu juga dikatakan, fungsi tersebut akan disatukan pada perangkat keras yang lebih portabel.

Namun, masih ada pertanyaan tentang bagaimana perlengkapan Kinect bisa bekerja pada ponsel. Pasalnya, Kinect menggunakan tiga kamera sebagai pendeteksi gerakan tubuh. Salah satu kameranya merupakan kamera inframerah yang berfungsi ketika gelap.

Sebelumnya pernah terungkap bahwa kontrol serupa Kinect rencananya akan diimplementasikan di Windows Phone versi lama. Tapi rencana ini kemudian ditolak karena alasan yang tidak diketahui. Demikian dilansir okezone.com, Senin (16/4/2012).

"Ini akan menggunakan kamera ponsel untuk mendeteksi gerakan dan membuat tindakan yang tepat," kata Microsoft sebelumnya.

"Anda akan bisa menggoyangkan, memutar dan memanipulasi telepon kemudian menyelesaikan sesuatu. Ponsel ini akan bisa melakukan tindakan ketika ditempatkan menghadap ke bawah serta akan mengetahui saat berada dalam saku baju atau tas," tambahnya.