Scam Olimpiade 2012 Marak di Internet

JAKARTA - Mendekati pembukaan Olimpiade 2012 yang akan diselenggarakan pada bulan Juli di London, para pelaku kejahatan cyber mulai meluncurkan skema penipuan untuk menjebak orang melalui internet.

Seperti yang di lansir dari okezone.com, Senin (16/4/2012), para pelaku penipuan memanfaatkan janji para sponsor Visa Golden Space, demi memikat orang untuk mencoba kesempatan meraih hadiah paket perjalanan. Namun, menurut Trend Micro penawaran tersebut hanyalah scam atau penipuan.

Trend Micro juga menemukan malware dalam file Early Check-In 2012 London Olympics.doc. Di dalam file ini terdeteksi TROJ_ARTIEF.XPL, yang memuat RTF Stack Buffer Overflow Vulnerability dan ditemukan di beberapa versi pada komponen Microsoft Office.

Jika berhasil menginfeksi, malware ini akan berubah menjadi TROJ_DROPHIN.A dan TROJ_PHINDOLP.A kemudian merusak beberapa system di komputer.

Sebelumnya, di awal 2008, Trend Micro menemukan adanya spam yang mengaku sebagai undian dari Komite Olimpiade 2012 di London. Sebaiknya pengguna internet berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi, terlebih bila mengingat adanya penipuan berkedok undian seperti yang telah diungkap.