10 Langkah Olah Burger Enak

BURGER menjadi salah satu makanan yang digemari masyarakat seluruh dunia. Aroma daging yang dibalut roti menjadikan burger bak candu bagi sebagian orang.

Bagi Anda penggila burger, kini bisa membuatnya sendiri di rumah, mulai membuat olahan daging hingga bisa disantap. Simak langkah-langkah membuat burger, seperti dilansir okezone.com, Sabtu (24/3/2012) sebagai berikut:

Rasio lemak dan daging

Untuk membuat daging burger, Anda harus memilih daging sapi bagian bahu atau bagian bokong. Anda tidak mungkin membuat daging burger dari daging fillet karena tidak akan membentuk daging burger dengan maksimal. Pastikan daging yang Anda beli adalah daging yang segar, bersih, dan jangan beli daging yang terdapat lemak.

Bumbu sederhana

Dalam membuat burger, usahakan menggunakan bumbu yang sederhana. Anda bisa saja menambahkan bahan lainnya seperti bawang yang telah dipotong dadu, sayuran, keju, dan telur. Jangan lupa gunakan garam laut atau garam kasar serta lada.

Jangan terlalu besar

Daging burger yang sempurna adalah antara enam hingga tujuh ons. Kalau terlalu besar, daging akan sulit diolah. Daging burger yang diolah pun harus berbentuk bulat, bukan persegi untuk memudahkan pembakaran.

Pilih keju terbaik

Jika Anda memiliki panggangan dengan grill, maka tutup satu sisi, lalu tempatkan keju di atasnya, kemudian tutup panggangan sehingga keju bisa meleleh dengan sempurna.

Topping

Untuk topping, Anda bisa menambahkan jamur panggang yang diiris tipis, tapi jangan terlalu tebal. Atau, Anda bisa menambahkan guacamole pada olahan burger yang Anda buat.

Mentega

Untuk menyerap saus ke dalam roti burger, Anda bisa mengoleskan mentega saat dipanggang atau sebelum dipanggang, tapi tak perlu terlalu banyak.

Wajan vs panggangan

Ada banyak perbedaan kebiasaan antara memasak dengan dipanggang dan dimasak di atas wajan. Bila masak di atas wajan, maka Anda tidak akan mendapatkan asap sedangkan bila dipanggang, maka rasanya akan benar-benar khas saat dikonsumsi.

Namun bila tetap ingin menggunakan wajan, Anda bisa meletakkan wajan di atas tempat barbeque. Cara ini biasa digunakan masyarakat Australia, dimana mereka memasak dengan api terbuka dan menaruh wajan di atasnya, sayang hasilnya sedikit berantakan. Jika Anda melakukannya dengan panas yang tepat, maka hasilnya akan sempurna.

Bumbu panggang

Pastikan dalam memanggang, Anda harus benar-benar berpengalaman. Panggang daging sampai terasa lezat kemudian masak kembali daging bersamaan dengan topping sampai matang.

Bagaimana kalau terlalu panas?

Dalam membuat burger, Anda harus memanaskan terlebih dahulu panggangan yang akan Anda gunakan. Untuk semua media memanggang harus sama, tetapi tergantung jenis panggangan yang digunakan. Jika panggangan terbuka, maka panas harus merngarah vertikal agar burger tidak mendapatkan panas sisa.

Jika menggunakan panggangan tertutup, maka Anda bisa menangkap panas untuk memberikan lebih banyak kontrol suhu panas. Cara ini disebut lebih baik dalam memasak burger.

Luangkan waktu

Semua orang mencoba memasak burger, tapi dalam memasak burger, Anda harus meluangkan waktu khusus. Pasalnya, tahapan membuat burger tidaklah singkat.